-->

Memperbaiki Laptop ASUS X540Y Windows Error Code 0xc00000e9

Memperbaiki Laptop ASUS X540Y Windows Error Code 0xc00000e9 - Kali ini saya kedapatan laptop Asus type X540Y dengan windows 10 yang mana kerusakannya adalah selalu gagal untuk booting ke windows, laptop ini akan menampilkan pesan kesalahan yang kurang lebihnya sebagai berikut bila akan booting ke windows :

"STOP 0xc00000e9 An Unexpected I/O Error Has Occurred"

Dari pesan kesalahan tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa ada kesalahan atau kegagalan pada sistem I/O (Input Output) dari hardware. Dari sini saya curiga bahwasanya harddisk dari laptop tersebut telah rusak, setalah saya cek dan saya uji di laptop lain, harddisk tersebut ternyata masih berfungsi dengan normal dan memiliki kesehatan 100% saat saya cek dengan HDSentinel.

Setelah saya yakin harddisk tersebut tidak bermasalah, saya langsung melanjutkan untuk menginstal ulang laptop tersebut dengan windows 10 64 Bit UEFI dengan partisi GPT, namun ternyata laptop tersebut tetap menampilkan pesan kesalahan ketika akan booting ke bootable flashdisk. Hal tersebut disebabkan oleh partisi dari windows 10 yang lama masih menyimpan log kesalahan yang terdapat pada I/O, maka sebelum log kesalahan tersebut terhapus, pesan kesalahan akan teteap muncul.

Dari tahap ini mungkin sebagian orang akan kebingungan, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Ketika mengalami masalah seperti itu, jangan instal ulang laptop tersebut dengan windows yang sama, coba instal laptop tersebut dengan windows berbeda. Disini saya akan menggunakan windows 8 untuk instal ulang, pastikan anda berhasil masuk ke menu instalasi windows dan anda dapat menggerakan cursor, namun disebagian kasus anda dapat masuk ke menu instalasi windows namun cursor tidak dapat digerakkan, untuk mengatasi masalah tersebut anda diharuskan untuk mengupgrade bios pada laptop tersebut.

Untuk mengupgrade bios pada laptop tersebut, anda dapat mendownload file bios dari website resminya, lalu anda siapkan sebuah harddisk yang sudah terdapat system operasi yang normal, dan taruh file bios tersebut didalam hardisk tersebut.

Lalu coba arahkan laptop booting ke harddisk tersebut dan instal bios nya sesuai petunjuknya hingga selesai. Setelah selesai, coba booting lagi ke bootable windows yang ada di flashdisk, setelah di menu instalasi windows, apakah cursor sudah dapat digerakan, bila cursor sudah dapat digerakan, berarti upgrade bios anda telah berhasil.

Setelah berhasil masuk menu instalasi, klik Instal Windows Now, lalu pilih Custom Instal, maka anda akan dibawa ke menu partisi hardisk. Susunan partisi yang ada pada hardisk windows 10 bawaan pabrik biasanya kurang lebihnya seperti ini :
  • Partisi 1 : Reserved
  • Partisi 2 : MSR System (Nama dapat berbeda)
  • Partisi 3 : EFI (Nama dapat berbeda)
  • Partisi 4 : Local Disk C (Untuk menaruh windows)
  • Partisi 5 : Local Disk D (Untuk menyimpan data)

Dari keseluruhan partisi tersebut, Log system yang membuat pesan kesalahan pasti terdapat pada salah satu dari partisi tersebut. Maka untuk menghapus log system yang masih tersimpan itu, anda harus menghapus partisi yang berhubungan dengan system. Disini saya akan menghapus 4 partisi, mulai dari partisi 1 hingga partisi 4, saya sisakan di partisi ke 5.

Maka partisi yang terbentuk setelah penghapusan kira kira seperti ini.
  • Unallocated Space
  • Partisi 1 : Local Disk D
Jika sudah seperti itu, saya pastikan log system yang error itu sudah hilang, dan pesan kesalahan sudah tidak akan muncul lagi.

Setelah itu anda bisa mematikan laptop tersebut dan mengganti bootable windows 8 tersebut menjadi bootable windows 10, bila anda berhasil masuk ke menu instalasi windows 10 dan tidak ada pesan kesalahan, berarti anda telah berhasil menghapus log system yang error tersebut.

Sebenarnya penggunaan bootable windows 8 diawal hanya berfungsi untuk pancingan saja untuk laptop, agar log system yang error tersebut tidak terbaca oleh windows yang berbeda.

Setelah berhasil masuk menu instalasi windows 10, lanjutkan instalasi windows sesuai petunjuk hingga selesai dan windows 10 dapat anda gunakan secara lancar.

Sekian pembahasan saya mengenai Cara Memperbaiki Laptop ASUS X540Y Windows Error Code 0xc00000e9. Semoga bermanfaat bagi anda semua, selamat mencoba ^_^.

Reaksi:

Related Post

Comment Policy : Tulis komentar Anda sesuai topik pembahasan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
×

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel