Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Aman Melepas Kop Flyback Dari Tabung CRT

Cara Aman Melepas Kop Flyback Dari Tabung CRT

Cara Melepas Kop Flyback Dari Tabung CRT TV - Mungkin sudah banyak orang yang membuat artikel maupun video tentang masalah ini. Tapi tidak ada salahnya jika kita bahas lagi dalam kesempatan kali ini. Mengingat betapa pentingnya hal ini untuk diketahui agar saat melakukan pencopotan kop flyback berjalan dengan aman.

Karena melepas kop flyback tv mengandung resiko tersengat aliran listrik tinggi, tegangan flyback tv cukup tinggi, dapat mencapai 20.000 volt bahkan lebih, yang apabila kita tidak hati hati dalam melepas kop flyback tersebut dapat mengancam keselamatan jiwa.

Dan yang paling penting dan harus diingat, jangan sekali-kali mencoba untuk menyentuh kop anoda ini dalam kondisi tv masih menyala. Meskipun tv sudah mati, ada prosedur yang harus dilakukan seperti  di groundkan terlebih dahulu agar muatan listrik yang tersisa dapat terbuang.

Jika tidak hati hati dan ceroboh, anda bisa saja tersengat listrik meskipun tv sudah mati. Karena tv yang mati bisa saja masih menyimpan tegangan listrik yang cukup besar di kop flybacknya.

Cara Melepas Kop Anoda Flyback Dari Tabung CRT

Berikut merupakan tahapan dalam melepas kop anoda flyback agar aman, lakukan cara di bawah ini dengan hati hati dan teliti, karena ini sangat berbahaya.

1. Matikan Televisi

Langkah pertama yaitu dengan mematikan pesawat tv. Lalu setelah itu tunggu hingga beberapa menit agar tegangan yang tersimpan tidak terlalu besar. Saya rekomendasikan tunggu selama 5 menit. Setelah itu baru kita melangkah ke tahap ke 2.

2. Siapkan Kabel

Untuk ini bisa menggunakan kabel apa saja, namun lebih baik kalau ada probe multimeter atau kabel dengan penjepit buaya. Kabel ini akan kita gunakan untuk meng-ground-kan anoda kop flyback.

3. Menetralisir Tegangan Sisa Flyback

Caranya tinggal taruh atau jepitkan kabel atau probe multimetert ke ground di crt tv, letaknya biasanya ada di pinggiran tabung crt, tandanya ada kawat spiral atau seperti peer.

Cara Melepas Kop Flyback

Setelah itu jika anda menggunakan kabel dengan penjepit buaya, anda tinggal jepitkan ujung yang lain di obeng min tersebut dan masukkan ke dalam kop flyback, jika menggunakan probe multimeter, anda tinggal memasukkan probe tersebut ke kop.

Pastikan saat memasukkan ke dalam kop flyback sudah menyentuh bagian kawah yang berada di dalam nya, jika masih ada tegangan pada flyback biasanya akan mengeluarkan bunyi pletikan kecil (craak), itu tandanya anoda sudah short ke ground. Biarkan beberapa saat agar tegangan listrik benar-benar hilang. 

4. Lepas Kop

Sebelum melepas kop pastikan kalau muatan listrik di kop sudah terbuang semua, caranya dengan memastikan tidak ada suara percikan lagi saat obeng di tusukkan ke kop flyback.

Jika sudah yakin setelah itu Anda bisa melepas kop anoda dengan aman dengan menggunakan tespen ataupun yang lainnya seperti ujung probe avometer yang lancip.

Namun tetaplah hati hati, usahakan jangan menyentuh kabel atau obeng pada saat menempelkan ke kop anoda crt meskipun tegangan sudah terbuang. Pegang pada plastik obengnya. Agar aman tidak tersengat listrik.

Itulah tadi langkah demi langkah melepas kop flyback dari tabung crt tv dengan aman, semoga anda paham, bila kurang paham anda dapat bertanya di kolom komentar, sekian terimakasih.

Post a Comment for "Cara Aman Melepas Kop Flyback Dari Tabung CRT"