-->

Cara Memperbaiki TV AKARI Gracia Mati Standby

Kali ini saya akan memposting pengalaman saya beberapa hari lalu tentang Cara Service atau Memperbaiki TV AKARI Gracia Mati Standby. TV ini merupakan merek cina yang tergolong untuk mudah diperbaiki. Baca juga Cara Mengatasi TV Akari Layar Berwarna Belang Pelangi.

Kasus TV AKARI Gracia Mati Standby

Kasusnya adalah, jika kita mencolokan kabel power ke sumber listrik dan memencet tombol on, maka indikator TV akan menyala berwarna merah.

Lalu saya coba untuk menyalakan TV tersebut melalu remot dan melalui tombol pada tcon TV. Bila dalam keadaan normal, maka indikator tersebut akan berganti warna dan disertai dengan suara lirih dari flyback.

Namun yang saya alami adalah, indikator tetap bewarna merah, disertai dengan suara flyback yang sangat kencang, hingga saya hampir mutah untuk mendengarnya.

Diagnosa Penyebab TV AKARI Gracia Mati Standby

Bila terjadi kasus seperti ini, bisa dipastikan bahwa ada masalah yang terjadi pada rangkaian di area flyback, entah dari kapasitor, resistor, maupun FBT atau flyback itu sendiri. Baca juga Ciri, Akibat, dan Gejala Jika FBT (Flyback) TV Rusak atau Konslet.

Kasus tidak bisa nyala atau mati stanby yang disertai dengan suara ngginggg yang keras, biasanya terjadi karena ada tegangan yang melonjak tinggi pada flyback sehingga tidak akan bisa nyala, karena tegangan tersebut akan di protek oleh IC Croma, akhirnya tegangan di IC Vertikal akan drop.

Langkah Service TV AKARI Gracia Mati Standby

#Pengecekan Kondisi Fisik
Setelah saya bongkar dan saya tatap mesin dari TV tersebut, ternyata tidak ada komponen kapasitor yang melembung atau kembung. Akhirnya saya melanjutkan pengecekan ke kondisi fisik pada solderan.

Ternyata saya menemukan ada solderan yang terletak pada kaki kaki FBT yang timahnya sudah berkarat. Setelah itu saya menyalakan TV sambil mengecek kaki FBT tersebut apakah ada tegangan atau tidak, ternyata benar saja, pada kaki FBT tersebut tidak teraliri oleh tegangan listrik. Baca juga Bagian dan Fungsi Pin Kaki FBT (Flyback) TV.



#Perbaikan
Akhirnya saya mencopot terlebih dahulu FBT (flyback) tersebut dari mesin, lalu saya menyikat plat karat yang menempel pada kaki komponen tersebut hingga bersih dan dapat di solder lagi. Lalu saya pasang kembali FBT tersebut pada mesin TV.

#Uji Coba
Setelah itu saya uji coba TV tersebut, dan ternyata TV berhasil menyala kembali dengan tidak disertai suara flyback yang kencang.


Kesimpulanya, bahwasanya FBT tersebut tidak mendapat supply tegangan dari IC, sehingga FBT tidak mempunyai tegangan yang berimbang satu sama lain, akibatnya FBT tersebut akan mengeluarkan suara yang cukup keras.

Kaki FBT yang berkarat tersebut dapat disebabkan oleh banyak faktor, mungkin bisa saja ada hewan yang mati pada area tersebut, atau bisa jadi ada masalah pada FBT tersebut, sehingga FBT tersebut mengeluarkan cairan yang akan membuat plat karat pada timah solder.

Bila FBT ada indikasi untuk rusak, maka ada baiknya bila FBT tersebut segera digati, karena bila FBT rusak tersebut tetap dipakai saja, tidak lama kemudian FBT tersebut akan mengeluarkan cairan yang dapat mengotori timah solderan, akibatnya TV akan mati lagi.


Semua langkah yang saya bagikan diatas merupakan pengalaman pribadi, yang mana saya tidak bertanggung jawab atas semua kerusakan yang anda alami akibat menirukan cara service saya.

Sekian pengalaman saya tentang Cara Memperbaiki TV AKARI Gracia Mati Standby. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Salam Nota 😉

Reaksi:

Related Post

Comment Policy : Tulis komentar Anda sesuai topik pembahasan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
×

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel