Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Letak Pin Protek TV Sharp QBeat

Letak Pin Protek TV Sharp QBeat

TV Sharp memang terkenal dengan sistem proteksinya yang kadang kala membuat para teknisi harus geleng geleng kepala untuk membongkar proteksinya. Karena sulitnya membuka proteksi tv sharp, para teknisi harus sering sering mempelajari setiap proteksi yang berbeda beda di setiap mesin tv sharp.

Kali ini saya juga ikut berbagi pengalaman saya dalam membongkar proteksi tv sharp merk qbeat ini yang menggunakan ic tempel di bawah pcb, dengan kode ic ixb855wjzz. Ini penting untuk terlebih dahulu disampaikan agar postingan ini dapat ditujukan kepada orang yang sedang menangani tv sharp protek dengan type yang sama.

Sistem Proteksi TV Sharp

Seperti yang telah saya bilang sebelumnya, titik proteksi tv sharp dapat berbeda beda setiap tipenya. Ada tipe yang titik proteksinya itu berbeda beda setiap blok, artinya setiap area / modul itu mempunyai jalur proteksi sendiri, yang seperti ini akan sangat sulit untuk pengerjaannya, karena kita harus mengopen satu persatu titik proteksi untuk mengetahui area mana yang terjadi kerusakan.

Kedua yaitu proteksi terpusat, proteksi terpusat ini memiliki beberapa cabang proteksi yang dijadikan satu, dengan begitu kita dapat mematikan sekaligus semua proteksi, sehingga kerusakan lebih cepat dapat ditemukan. Contoh proteksi terpusat ini ada dalam tv sharp merk qbeat yang sedang kita bahas kali ini.

Membuka Proteksi TV Sharp QBeat

Perlu diingat, membuka proteksi tv sharp ini tidak akan menyelesaikan masalah, karena masalah sebenarnya akan muncul setelah kita sudah melupuhkan proteksi tv sharp. Jadi setelah ketahuan mana yang rusak, kita dapat memperbaiki kerusakan tersebut dan mengaktifkan kembali sistem proteksi tv sharp nya.

Aktifnya sistem proteksi pada tv membuat tv tidak mau menyala, atau tv mati standby, artinya ada led warna merah yang jika kita coba nyalakan, tv tetap tidak akan menyala merah, kadang kala juga ada yang led indikator tv sharp kedip kedip. Namun gejala yang paling umum terjadi adalah tv dapat start namun dalam beberapa detik langsung mati kembali, itu dapat dipastikan sistem proteksi tv sedang aktif.

Cara membuka proteksi tv sharp qbeat ini cukuplah mudah, karena sistem proteksinya adalah terpusat. Kita hanya perlu memutus jalur proteksi yang mengarah kepada pin di ic utama tv tersebut. Nah, letak jalurnya dimana ? saya akan ulas di bawah ini.

Letak Pin Protek TV Sharp QBeat

cara membuka proteksi tv sharp

Letak pin protek pada tv sharp qbeat ini adalah pada ic nya, yang mempunyai kode ixb855wjzz. Ic ini mempunyai total 80 pin, dan jalur proteksi mengarah ke kaki / pin nomer 63. Kalian hanya perlu memutuskan atau mendiskonesikan jalur tersebut terhadap ic.

Caranya cukup mudah, anda perlu menelusuri jalur ke 63 tersebut, maka akan bertemu resistor dengan kode board r301. Nah, pada resistor tersebut anda dapat mencabut salah satu kakinya untuk memutuskan jalur proteksi ke ic. Maka setelah itu tv akan menyala dan menunjukkan kerusakannya.

Setelah keruskan tv sudah diperbaiki, sambungkan lagi jalur proteksi dengan mengembalikan resistor ke tempat semula. Agar apabila ada kerusakan lagi sistem proteksi bisa aktif dan dapat membuat tv aman dari kerusakan yang lebih parah lagi.

Nah, itulah tadi bagaimana cara mengatasi tv sharp qbeat protek dengan membuka pin protek tv sharp qbeat. Anda dapat melihat tutorial lebih lengkap dan rincinya di channel youtube kang kimin. Atau bisa juga melihat video yang telah saya sematkan di bawah ini :

Post a Comment for "Letak Pin Protek TV Sharp QBeat"