-->

Memperbaiki TV Sharp Hidup Sebentar Lalu Led Indikator Mati

Memperbaiki TV Sharp Hidup Sebentar Lalu Led Indikator Mati - Kali ini saya kedapatan TV dengan merk Sharp type QBeat II, namun cara perbaikan kali ini sama saja dengan type lain, yang gejala kerusakannya adalah lampu indikator mati setelah beberapa detik tv dinyalakan. Kerusakan seperti ini sangat sering ditemukan di TV Sharp dengan type yang agak jadul.

Lampu led indikator mati ini mungkin terjadi karena adanya system protek (Baca Juga : Memperbaiki TV Sharp QBeat II Gagal Start /Protek) yang melindungi rangkaian tertentu sehingga tv terhindar dari kerusakan yang lebih parah. Lampu indikator mati setelah tv beberapa detik dinyalakan ini biasanya kerusakan terjadi pada rangkaian regulator primer, karena pada saat lampu indikator mati, pada rangkaian trafo switching di bagian sekunder tidak mengeluarkan tegangan.

Dari pengalaman saya, biasanya kerusakan seperti ini disebabkan oleh elko 50V 22uF yang berada di depan STR. Elko ini sangat rawan kerusakan, karena elko ini berhubungan dekat dengan STR yang berguna untuk mengosilasi trafo switching, pastinya elko tersebut mempunyai beban yang lebih daripada elko yang lain.

Dari beberapa kali pengalaman saya menyervis tv lampu led mati setelah dihidupkan dengan melakukan penggantian pada elko tersebut terbukti sangat berhasil. Bilamana lampu led tetap mati, coba cek elko lain yang berhubungan langsung dengan STR.

Demikian penjelasan singkat saya mengenai pengalaman saya dalam Memperbaiki TV Sharp yang Hidup Sebentar Lalu Lampu Led Indikator Mati. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua, selamat mencoba, salam nota.. ^_^.

Reaksi:

Related Post

Comment Policy : Tulis komentar Anda sesuai topik pembahasan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
×

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel