Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berbunyi Berisik

Kali ini saya akan membahas pengalaman saya dalam service tentang bagaimana Cara Mengatasi Kipas Laptop Yang Mengeluarkan Bunyi Berisik. Kipas laptop ini sering disebut juga fan cooler.

Kasus Kipas Laptop Yang Bersuara Berisik

Kasusnya adalah, bila saya menyalakan laptop tersebut, normalnya suara fan atau kipas dari laptop tersebut akan berbunyi sangat halus.

Namun disini kipas laptop tersebut berputar kencang terus dengan mengeluarkan suara yang terdengar sangat bising, atau berderik, bahkan bila kita angkat laptop tersebut, laptop tersebut bergetar dengan bersuara nginggg.

Ada yang lebih parah lagi, sampai sampai kipas dari laptop tersebut berputar dengan tersendat sendat dengan bunyi krek krek, sehingga fan kadang mati kadang nyala tidak normal.

Diagnosa Penyebab Kipas Laptop Berbunyi Berisik

Bila sudah terjadi kasus seperti ini, biasanya ada masalah yang terletak pada kipas tersebut, entah dari pemasangan kipas itu sendiri, ataupun mesin pemutar kipas tersebut yang sudah kotor.

Langkah Service Kipas Laptop Berisik

#Pengecekan Kondisi Fisik

Langkah perbaikan pertama dalam kasus seperti ini adalah mengecek apakah pada bagian kipas tersebut terdapat baut yang longgar atau terlepas. Setelah saya lakukan pengecekan pada kipas tersebut ternyata tidak ada baut yang longgar ataupun terlepas.

Setelah yakin tidak ada masalah pada perbautan, maka saya melanjutkan untuk mengecek bagian mesin dinamo atau turbin pada kipas tersebut.

Ternyata bila kita putar bagian dalam dari kipas tersebut, kipas tersebut tidak dapat berputar dengan mulus, artinya ini ada masalah pada dinamo kipas.

#Langkah Perbaikan


Lepaskan bagian kipas dari mesin dinamo kipas, lalu lihat apakah ada kotoran atau tidak, bila ada kotoran bersihkan terlebih dahulu kotoran tersebut.


Lalu berikan pelumas pada bagian dinamo yang saya lingkari merah tersebut, pelumas tersebut dapat berupa pelumas apa saja, mulai dari oli sepeda motor, atau yang lebih aman dan berkualitas adalah menggunakan minyak pelumas WD-40.

Setelah selesai memberikan pelumas, pasang kembali kipas tersebut dengan hati hati dan pastikan baut terpasang dengan baik dan tidak longgar.

#Uji Coba
Setelah itu saya uji coba Laptop tersebut, dan ternyata kipas dari Laptop tersebut dapat dapat berputan dengan lancar lagi dan tidak mengeluarkan bunyi berderik yang membuat bising.


Kesimpulanya, kipas tersebut bersuara berisik saat berputar dikarenakan dinamo yang memutar kipas tersebut kotor, kering, dan kehabisan pelumas. Dengan kita membersihkan dan memberikan pelumas pada dinamo tersebut, maka kipas dapat digunakan dengan normal kembali.

Bila langkah perbaikan diatas telah dilakukan dan tetap saja kipas berderik, hal tersebut berarti kipas sudah benar benar rusak dan mungkin tidak dapat diperbaiki lagi. Anda dapat menggantinya dengan yang baru, yang harganya sekitar 250.000.

Semua langkah yang saya bagikan diatas merupakan pengalaman pribadi saya, yang mana saya tidak bertanggung jawab atas semua kerusakan yang anda alami akibat menirukan cara service saya.

Sekian pengalaman saya tentang Cara Mengatasi Kipas Laptop Berbunyi Berisik, Berderik, Krek, Nging, dll. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Salam Nota 😉