Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Tablet Axioo PicoPad S4 Nyala Langsung Mati (Bootloop)


Kali ini saya akan membahas pengalaman saya dalam service tentang bagaimana Cara Mengatasi Tablet Axioo PicoPad S4 Nyala Langsung Mati (Bootloop). Axioo Picopad S4 ini juga mempunyai seri lainya yaitu Axioo Picopad S4+ (Plus).

Kasus Tablet Axioo PicoPad S4 Nyala Langsung Mati

Kasusnya adalah, bila saya memencet tombol power, maka backlight akan menyala bentar terus langsung mati, gejala ini hampir sama dengan gejala bootloop.

Jika bootloop, minimal logo akan muncul, lalu stuck, atau berhenti, atau restart ulang terus menerus. Tapi disini, logo tidak muncul sama sekali, hanya ada backlight yang menyala dalam sekejap.

Lalu saya mencoba untuk mencharger, barang kali battery nya mau habis, setelah saya cas ternyata sama saja, hp tetap tidak mau menyala, hanya ada backlight menyala sebentar.

Lalu saya mencoba untuk masuk kedalam mode recovery dengan menekan tombol power + volume down, dan ternyata masih sama saja, hp tidak mau menyala.

Diagnosa Penyebab Tablet Axioo PicoPad S4 Nyala bentar langsung mati

Bila sudah terjadi seperti ini, maka ada dua kemungkinan kerusakan,

Pertama, ada kerusakan pada bagian mesin, mungkin ada tegangan yang drop atau naik, sehingga tegangan yang masuk pada IC EMMC tidak normal.

Kedua, adanya kerusakan pada system ROM, yang merahuskan kita untuk melakukan proses flash pada hp tersebut.

Untuk mengetahui kerusakanya itu disebabkan oleh system atau mesin, kita dapat melakukan pengecekan dengan cara menghubungkan tab tersebut dengan laptop yang sudah terinstall driver dari tab tersebut.

Driver tersebut dapat anda download melalui tombol download dibawah ini...


Jika setelah tab dan komputer dihubungkan ada notifikasi "Driver Installed", maka dapat disimpulkan, bahwa tablet tersebut rusak pada bagian system atau bootloop, bukan dari mesin. Dan kita harus melakukan flash ulang untuk tablet tersebut.

Cara Memperbaiki Tablet Axioo PicoPad S4 Bootloop

Jika sudah terjadi bootloop, maka kita harus melakukan flash pada tablet tersebut, untuk melakukan flash, anda dapat mengunjungi artikel saya tentang Cara Flash Tablet Axioo PicoPad S4 / S4+ yang Bootloop.


Di artikel tersebut anda akan diberikan tutorial cara flash dilengkapi dengan firmware, driver, serta tools untuk melakukan flasher.

Setalah saya flash tablet Axioo PicoPad S4, saya coba untuk mengecasnya, ternyata icon battery sudah muncul, dan ini ada harapan untuk hidup.

Setelah battery itu penuh, saya mencoba menyalakan tabet tersebut, tarnyata Backlight menyala, dan muncul logo AXIOO, dan itu tandanya sudah berhasil.

Jangan khawatir bilamana diawal booting terasa lama, hal tersebut dikarenakan system masih baru dan mencoba untuk mengenal perangat hardware tablet tersebut.


Memang tablet jenis Axioo Picopad sangat rentan terhadap masalah IC EMMC lemah, tak jarang orang yang melakukan flash pada tablet ini, namun tablet malah mati karena ic emmc lemah, jika sudah seperti itu, maka langkah yang harus dilakukan adalah mengganti ic emmc tersebut.

Semua langkah perbaikan yang saya bagikan diatas merupakan pengalaman pribadi saya, yang mana saya tidak bertanggung jawab atas semua kerusakan yang anda alami akibat menirukan cara service saya.

Sekian pengalaman saya tentang bagaimana Cara Mengatasi Tablet Axioo PicoPad S4 Nyala Langsung Mati (Bootloop). Semoga sedikit pengalaman diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Salam Nota 😉

Post a Comment for "Cara Mengatasi Tablet Axioo PicoPad S4 Nyala Langsung Mati (Bootloop)"