-->

Cara Mengatasi TV Akari Layar Berwarna Belang Pelangi


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Mengatasi TV Akari Layar Bewarna Belang belang seperti warna Pelangi. Kerusakan seperti ini banyak terjadi di TV merek cina. Baca juga Cara Memperbaiki TV AKARI Gracia Mati Standby.

Kasus TV Akari Layar Berwarna Belang Seperti Pelangi

Ketika dinyalakan, TV ini bewarna garis garis belang horizontal bewarna hijau biru merah seperti pelangi. Kasus ini biasa juga disebut dengan nge-flek. Bukan hanya bergaris belang, biasanya juga berbentuk lain, seperti melingkar membentuk pelangi, di sudut sudut, bahkan ada yang abstrak.

Penyebab TV Akari Layar Berwarna Belang Pelangi

Penyebab layar tv bewarna belang pelangi biasanya disebabkan oleh 2 kemungkinan..

1. TV Terkena Radiasi Magnet
Radiasi magnet disekitar tv dapat membuat struktur warna pada crt menjadi kacau, karena phospor tertarik oleh medan magnet yang ada disekitar tv. Contoh medan magnet disekitar tv adalah adanya speaker aktif di samping badan TV.

Cara mengatasinya cukup mudah, kita hanya perlu menjauhkan medan magnet tersebut dari badan tv, kita hanya perlu menunggu beberapa hari untuk melihat apakah layar tv kembali normal atau tidak.

2. Kerusakan Pada Rangkaian Mesin Degaussing
Kerusakan degaussing biasanya disebabkan oleh rusaknya komponen lilitan degaussing atau komponen PTC (Positive Temperature Coefficient). Kerusakan pada degaussing ditandai dengan layar tv bewarna pelagi meskipun disekitar tv tidak terdapat medan magnet.

Diagnosa TV Akari Layar Berwarna Belang Pelangi

Untuk mengetahui kerusakan terjadi dimana, kita perlu mengecek pada bagian lilitan degaussing, apakah putus atau tidak, dan kita juga harus cek komponen PTC.

1. Cek Lilitan Degaussing - Kemungkinan Kerusakan 10%
Lilitan degaussing terletak melingkar seperti kabel yang dibungkus oleh solasi pada bagian body dari CRT, seperti gambar dibawah ini.

Kita harus test kedua ujung dari lilitan tersebut apakah nyambung atau tidak. Jika tidak nyambung kemungkinan lilitan tersebut putus.

Kerusakan pada lilitan degaussing ini jarang terjadi pada tv tabung yang lama, kerusakan pada lilitan degaussing sering terjadi pada tv merek sharp dan tv tabung keluaran yang lebih baru.

2. Cek Komponen PTC (Positive Temperature Coefficient) - Kemungkinan Kerusakan 90%
Komponen ini berbentuk kotak yang biasanya memiliki 2 kaki atau 3 kaki, biasanya dalam pcb mesin tv tertulis kode RT/RTH seperti gambar dibawah ini.

Fungsi PTC adalah untuk menghambat arus listrik yang masuk kekumparan degaussing.

Sifat nilai hambatan pada PTC adalah semakin panas PTC, hambatanya semakin besar pula. Bila pada PTC tertulis kode 14 Ohm, itu berarti pada kondisi pasif/dingin tahanannya bernilai 14 Ohm dan ketika aktif tahanannya membesar dikarenakan suhu panas.

Pada PTC normal biasanya memiliki impedance 9-12-18 ohm tergantung bawaan televisi. Namun jika PTC tidak terdapat respond ketika dicek menggunakan multitester, maka bisa jadi PTC tersebut mengalami kerusakan.

Perbaikan TV Akari Layar Berwarna Belang Pelangi

1. Perbaikan Jika Lilitan Degaussing Bermasalah
Jika lilitan degaussing putus, kita harus menggantinya dengan yang baru. Jika tidak ada indikasi putus, kita dapat melakukan hardreset pada degaussing dengan cara siklus power pada tv beberapa kali (on satu menit, lalu off setidaknya 20 menit, begitu berulang-ulang).

Atau juga bisa menggunakan alat CRT degausser komersil yang tersedia di pasaran seperti gambar dibawah ini.


Alat tersebut berisi ratusan gulung kawat magnet dalam kumparan 6 - 12 inci. Tinggal colok ke tembok, aktifkan saklarnya, lalu dekatkan beberapa inci ke depan layar. Lalu tarik perlahan pusat kumparan kearah salah satu ujung layar, lalu susuri pinggiran layar. kemudian kembalikan keposisi awal kumparan sejajar dengan pusat layar. Berikutnya, perlahan jauhkan dari pusat layar. Ketika anda sudah berada kurang lebih 2 meter di depan layar, lepaskan saklarnya.

2. Perbaikan Jika PTC Rusak
Jika terjadi kerusakan PTC, mau tidak mau anda harus mengganti komponen tersebut. Usahakan menggunakan seri PTC yang sama atau memiliki hambatan yang sama, agar komponen tersebut awet dan tahan lama. PTC yang tidak sesuai nilai hambatanya dapat menyebabkan komponen tersebut meledak. Letak PTC pada TV Akari persisnya seperti gambar dibawah ini.



Jika dengan 2 perbaikan diatas masalah layar bewarna pelangi belum juga teratasi, biasanya kerusakan terjadi di defleksi yoke. Jika sudah seperti itu kita terpaksa harus ganti yoke dengan seri yang sama atau yang memiliki spesifikasi yang sama dengan yang rusak tersebut.

Itulah tadi pengalaman saya tentang cara mengatasi TV Akari Layar Berwarna Belang Pelangi. Semoga sedikit pengalaman diatas dapat membantu anda dalam proses service. Tunggu pengalaman selanjutnya dari saya hanya disini.

Salam Nota 😉

Reaksi:

Related Post

Comment Policy : Tulis komentar Anda sesuai topik pembahasan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
×

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel