-->

Bagian dan Fungsi Pin Kaki FBT (Flyback) TV

Bagian dan Fungsi Pin Kaki FBT (Flyback) TV - FBT merupakan komponen yang sangat fital dalam dunia service TV, FBT biasanya sebagai langkah analisa pertama jika tv mengalami kerusakan, karena pada dasarnya fbt juga bisa mengalami kerusakan. Baca juga Ciri, Akibat, dan Gejala Jika FBT (Flyback) TV Rusak atau Konslet.

Pada dasarnya FBT terdiri dari 3 bagian utama, yaitu Focus and Screen Adjustable, Kop Anoda, dan Kaki Pin. Berikut fungsi dari 3 komponen utama tersebut :

#1. Focus and Screen Adjustable
Bagian fokus merupakan sebuah adjustable yang dapat diatur untuk mengatur fokus dari gambar tv, biasanya tv yang dipasang fbt baru, pada pertama kali dinyalakan gambar tv akan buram dan tidak fokus, kita dapat mengatur adjustable tersebut hingga tv fokus dan gambar tidak kabur. Pada bagian focus adjustable ini mempunyai kabel yang sering disebut atau dilambangkan dengan code G3/G4.

Sedangkan pada bagian screen merupakan adjustable untuk mengatur gelap terang dari layar tv. Screen adjustable ini mempunyai kabel yang terhubung langsung ke kaki tabung CRT yang ada di bagian belakang dan fungsi nya adalah untuk mengatur seberapa kuat cahaya terang yang ditampilkan. Kabel ini sering disebut atau dilambangkan dengan kode G2.

#2. Kop Anoda
Bagian ini merupakan bagian penyalur tegangan tinggi dari FBT ke tabung CRT, sehingga tabung crt dapat menembakan elektron ke layar, tegangan kop ini bisa sampai 30kV, tergantung seberapa besar tabung CRT. Biasanya bagian ini sering mengalami kebocoran hingga menimbulkan percikan api. Bagian ini tidak boleh diukur tegangan meskipun tv dalam keadaan mati.

#3. Kaki Pin
Bagian ini merupakan bagian yang sering dicari datasheetnya untuk para teknisi televisi, karena letak semua pengukuran utama pada tv ada di kaki pin FBT ini. Baca juga Data Persamaan FBT (Flyback) TV Terlengkap. Pada FBT biasanya terdiri atas 10 kaki pin atau dibawahnya. Setiap type FBT akan berbeda letak pengukuran pada kaki pinya. Berikut fungsi fungsi pin yang ada di kaki FBT :
  1. HOT atau biasa disebut Colector, merupakan pin yang terhubung langsung dengan transistor penguat horizontal bagian kolektor. Pada saat Flyback bekerja kaki ini akan menghasilkan tegangan tinggi. Jadi berhati hatilah ketika cek kaki pin tersebut.
  2. B+ kaki pin ini terhubung langsung ke power supply atau regulator utama yang merupakan tegangan untuk syarat kerja flyback. Jika tidak ada tegangan yang mengalir ke pin ini maka FBT tidak akan bekerja.
  3. Dioda Dumper sesuai namanya pin ini terhubung ke dioda dumper dan biasanya terdapat pada TV yang memiliki rangkain EW (East West), tetapi tidak semua flyback memiliki pin ini karena kebanyakan sudah satu paket dengan transistor horizontal.
  4. AFC Automatic frequeny control merupakan kaki pin FBT yang berfungsi untuk menstabilkan frekuensi osilator atau osilasi dari ic atau transistor horizontal.
  5. ABL Automatic Brightness Limiter yang fungsinya adalah untuk mengatur dan membatasi sinar elektron yang menuju ke rangkaian RGB secara otomatis. Tegangan ABL ini sangat tinggi karena secara tidak langsung rangkaian ABL ini terhubung dengan kop flyback lewat komponen penyearah atau dioda. Jadi berhati hatilah saat pengukuran pada kaki pin tersebut.
Urutan kaki pin FBT diatas tidak selalu sama pada setiap type FBT, setiap FBT berbeda beda letak kaki pengukuranya, jadi urutan diatas jangan dipakai sebagai acuan pengukuran. Sekian pembahasan saya mengenai Bagian dan Fungsi Pin Kaki FBT (Flyback) TV.

Semoga bermanfaat..

Reaksi:

Related Post

Comment Policy : Tulis komentar Anda sesuai topik pembahasan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
×

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel