-->

Letak Pin Protek TV LG DINO dengan IC M37221M8

Letak Pin Protek TV LG DINO dengan IC M37221M8 - Kali ini saya kedapatan TV tabung yang sudah cukup tua dengan merk LG Dino, yang kerusakannya adalah TV bisa start dan muncul gambar, namun gambar akan bergoyang dan menjadi garis vertikal, tak lama kemudian tv tersebut akan mati.

Dari tanda tanda tersebut, saya langsung curiga dengan elco 400V 220μF, karena dari pengalaman saya biasanya kerusakan ada di elco tersebut, meskipun secara fisik elco tersebut belum ada tanda tanda kerusakan.

Tanpa pengecekan terlebih dahulu, langsung saja saya ganti elco tersebut dengan 450V 220μF. Setelah diganti elco, tv tersebut sudah bisa tampil gambar dengan normal, sudah tidak muncul garis vertikal lagi. Namun tv tersebut bila dipakai agak lama, maka layar tv tersebut akan berkedip seperti flicker. Dari pengalaman saya, hal tersebut biasanya diakibatkan oleh rusaknya mylar yang sebagai filter ac di output trafo switching.

Setelah saya ganti, ternyata layar tv masih berkedip kedip seperti semula.

Telusur demi telusur, saya menemukan suara yang cukup aneh dari mesin tv ini, yaitu setelah beberapa menit tv dinyalakan, akan ada suara seperti desusan atau semburan angin, dan setelah saya telususri lagi, desusan tersebut berasal dari kabel flyback yang menuju kop crt, tanpa basa basi lagi, saya langsung menutup kabel tersebut menggunakan selotip hitam dengan rapat, agar angin tidak bisa keluar.

Setelah itu saya coba lagi tv tersebut, dan gejala kedip kedip tersebut sudah hilang, namun ternyata masih ada masalah lagi, yaitu tv lama kelamaan mati sendiri setelah kira kira satu jam saya gunakan, dan mati tersebut bukan mati total, melainkan kembali ke mode standby.

Untuk mengatasi hal tersebut, langsung saja saya melumpuhkan sistem protek yang ada di tv lg dengan ic M37221M8. Caranya anda hanya tinggal melepas kaki pin nomer 5 yang ada pada ic tersebut, sehingga tv tidak akan lagi protek.

Namun ada minusnya bila anda melakukan hal tersebut, yaitu tv akan langsung menyala jika anda menancapkan jack tv ke stop kontak. Dan anda tidak bisa mematikan tv ke mode standby, untuk mematikan tv tersebut anda hanya tinggal mencabut jack tv dari stop kontak.

Setelah saya melakukan hal tersebut, tv sudah tidak mati mati lagi dan dapat ditonton dengan normal.

Sekian pengalaman saya mengenai Letak Pin Protek TV LG DINO dengan IC M37221M8, semoga bermanfaat bagi anda semua, selamat mencoba ^_^.

Reaksi:

Related Post

Comment Policy : Tulis komentar Anda sesuai topik pembahasan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
×

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel