-->

Memperbaiki HP Lenovo Mati Total Setelah Terjatuh

Memperbaiki HP Lenovo Mati Total Setelah Terjatuh - Ini merupakan pengalaman teman saya yang mempunyai hp lenovo type A1000 yang mati total setelah terjatuh saat mau pulang dari mushola.

HP ini dalam keadaan hidup dan terjatuh ke lantai lalu mati, dicoba untuk dinyalakan ternyata sudah tidak bisa. Dugaan pertama saya adalah hp ini mungkin rusak pada komponennya, mungkin pada bantalan timah di ic power ada yang retak yang mengakibatkan cpu tidak mendapatkan suplay tegangan.

Untuk memastikannya apakah benar ic power rusak yang menyebabkan hp mati total, saya langsung memberikan suplay tegangan 3.7V pada jalur positif negatif pada baterai, dan ternyata hp menyala dengan normal. Ternyata dugaan saya salah, kalau hp menyala normal kemungkinan kerusakan terjadi pada battery yang tidak mengeluarkan tegangan. Tanpa berfikir panjang saya langsung mengukur tegangan baterai dengan avo meter, ternyata tidak ada tegangan yang keluar, saya langsung menyarankan kepada teman saya untuk mengganti baterai dengan yang baru.

Karena pada waktu itu teman saya lagi belum punya uang, hp tersebut dibiarkan terlebih dahulu hingga punya cukup uang untuk membeli baterai. Di siuatu sore,  hp tersebut dipegang lagi oleh teman saya, dan teman saya berfikir masa jatuh begitu saja baterainya langsung rusak, lalu teman saya mengotak ngatik baterai tersebut dan menggosok kuningan positif negatif baterai dengan obeng. Setelah itu dia langsung mencobanya dan mantap jiwa... hp langsung bergetar disertai logo lenovo.. katanya "alhamdulillah gak jadi beli baterai baru".

Jadi kesimpulannya, baterai yang tidak mengeluarkan tegangan saat dicek dengan avometer itu rusak, alangkah bijaknya kalau kita terlebih dahulu untuk menggosok pada kuningan positif dan negatif baterai dan mengeceknya dengan avometer lagi. Sekian pengalaman teman saya tentang hp lenovo mati total setelah terjatuh, semoga bermanfaat ^_^.

Reaksi:

Related Post

Comment Policy : Tulis komentar Anda sesuai topik pembahasan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
×

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel