-->

Memperbaiki TV Sharp QBeat II Gagal Start (Protek)

Memperbaiki TV Sharp QBeat II Gagal Start (Protek) - Kali ini saya kedatangan TV Sharp QBeat II, yang gejala kerusakannya adalah, bila tv tersebut dalam keadaan standby, lalu kita pencet tombol on, maka tv akan start sesaat dan kembali lagi ke standby. Gejala seperti ini biasanya orang teknisi menyebutnya dengan protek, atau gagal start.

TV Sharp ini memang terkenal dengan system proteknya, walaupun bukan hanya sharp saja yang memiliki system protek, beberapa merk LG juga memiliki system protek. TV Sharp akan protek bila terdapat komponen yang rusak. Untuk mengetahui kerasakan pada daerah atau komponen yang mana, makadari itu kita perlu melumpuhkan system protek yang ada pada tv tersebut. Baca Juga Letak Pin Protek TV LG DINO dengan IC M37221M8.

Melumpuhkan system protek pada setiap type TV Sharp mempunyai cara yang berbeda beda, ada yang mudah dan ada yang sulit. Type QbeatII ini dalam kategori yang sulit, sayapun sampai saat ini juga belum menemukan titik untuk melumpuhkan sistem proteksinya. Baca Juga Penyebab TV Sharp QBeat II Protek (Gagal Start).

Namun disini saya akan mengandalkan pengalaman saya dalam memperbaiki TV Sharp QBeat II ini. Menurut pengalaman saya, kerusakan protek semacam ini disebabkan oleh rusaknya atau keringnya elco 6.3V 100μF yang berada di jalur 3V. Untuk letaknya dekat dengan tombol tombol menu.


Secara fisik elco tersebut masih dalam keadaan yang sangat baik, namun sebenarnya elco tersebut cairan elektrolitnya telah kering dan harus diganti. Tanpa pengecekan terlebih dahulu, langsung saja saya ganti elco tersebut dengan 10V 100μF, karena pada waktu itu saya hanya mempunyai pengganti elco tersebut

Setelah saya mengganti elco tersebut saya langsung mencoba menyalakan TV nya, ternyata tv dapat start dengan lancar tanpa terprotek lagi. Namun dari sini masalah belum selesai, tampilan layar tv tersebut agak terlipat pada bagian atasnya, biasanya masalah seperti disebabkan oleh rusaknya elco 35V 100μF pada bagian pump-up vertikal. Namun setelah saya mengganti elco tersebut, tampilan layar tv tetap kelipet pada bagian atasnya. Lalu saya coba untuk mengganti elco elco dan dioda dioda yang berada di sekitar IC vertikal, namun hasilnya nihil, layar TV tetap kelipet pada bagian atasnya.

Dari sini saya mulai mencurigai bahwa IC Vertikalnya yang rusak, namun rasanya tidak mungkin kalau IC Vertikal nya yang rusak. Sambil istirahat sejenak, saya iseng iseng menyalakan tv tanpa antena, layar masih terlipat dibagian atas, lalu saya coba untuk menancapkan jack antena ke tuner, ternyata saat saya menancapkanya ke tuner, layar tv ikut normal dan tidak kelipet lagi. Untuk memastikannya saya mencoba menggoyang goyang kan tuner tersebut, pada saat posisi menekan, layar tv normal, dan pada saat saya tidak menekan, layar tv kembali kelipet.

Apakah mungkin kalau tuner tersebut rusak ? untuk memastikannya saya langsung membongkar tuner tersebut dan menyolder kaki komponen yang ada didalamnya, tak lupa saya juga menyolder kaki body dari tuner tersebut. Setelah saya selesai menyolder, langsung saya test tv tersebut, ternyata tv berhasil start dengan normal dan layarpun sudah tidak terlipat lagi.

Dari sini saya menyimpulkan bahwasannya tuner juga dapat menjadi biang kerok jika layar tv terlipat pada bagian atasnya. Saya baru pertama kali ini mendapatkan servisan yang kerusakannya terlipat pada bagian atas yang disebabkan oleh tuner.

Sekian pembahasan saya mengenai Memperbaiki TV Sharp QBeat II Gagal Start (Protek). Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua, salam nota ^_^.

Reaksi:

Related Post

Comment Policy : Tulis komentar Anda sesuai topik pembahasan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
×

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel