-->

Memperbaiki HP Acer Liquid Z520 Sering Mati Sendiri

Memperbaiki HP Acer Liquid Z520 Sering Mati Sendiri - Kali ini saya kedapatan servisan HP Acer Liquid Z520. Kata pemiliknya, hp ini sering mati sendiri tanpa sebab yang jalas. Padahal hp ini belum pernah mempunyai riwayat terjatuh atau masuk ke air.

Baca Juga : Memperbaiki HP Lenovo Mati Total Setelah Terjatuh

Jika terjadi seperti ini, indikasi pertama saya adalah rusak pada baterai, kenapa ? Karena hp ini belum mempunyai riwayat terjatuh atau kemasukan air, sehingga dapat dipastikan mesin masih dalam keadaan yang normal. Selain itu, saya juga sudah pernah menangani hp dengan kerusakan yang sama, hanya dengan ganti baterai saja langsung selesai masalahnya.

Untuk memastikan apakah benar rusak pada baterai, kita terlebih dahulu cek kondisi fisik dari baterai tersebut. Kondisi fisik pada baterai sebenarnya tidak dapat menjadi tolak ukur apakah baterai tersebut rusak atau tidak, namun jika baterai sudah menggelembung wajib ganti baterai, karena arus di baterai yang menggelembung sudah tidak stabil lagi untuk menyuplai tegangan ke mesin hp.

Bila kondisi fisik baterai masih bagus, kita selanjutnya cek tegangan yang keluar dari baterai tersebut menggunakan multitester, tegangan yang normal untuk baterai sekitar 3.8v - 4.0v. Jika diatas atau dibawahnya dapat dipastikan baterai tersebut sudah rusak, solusinya ganti baterai dengan yang baru.

Namun jika kondisi fisik dan tegangan yang keluar dari baterai ternyata normal semua, coba lakukan pemanasan pada baterai tersebut dengan menaruhnya di sinar matahari siang selama 1 jam atau lebih, hal tersebut akan mengaktifkan ion baterai yang mati, sehingga ion tersebut dapat mengikat daya dari listrik ketika baterai tersebut di cas.

Namun jika cara diatas masih gagal, dan hp tetap mati dengan sendirinya, alangkah baiknya jika anda mengganti baterai hp tersebut dengan baterai yang baru. HP model ini memang sering rusak di baterainya, bagi teknisi harus mempunyai stock yang cukup untuk hp model ini. Harga baterainyapun juga tidak terlalu mahal, ditempat saya, baterai hp ini dijual dengan harga 49rb.

Namun jika telah diganti baterai, hp tetap mati dengan sendirinya, mungkin ada yang bermasalah pada rangakaian mesin hp, hal tersebut harus dicek lebih lanjut oleh teknisi untuk memastikan apa yang rusak yang mengakibatkan hp mati dengan sendirinya.

Sekian pembahasan saya mengenai Cara Memperbaiki HP Acer Liquid Z520 Sering Mati Sendiri, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua, sekian dan terima kasih :).

Reaksi:

Related Post

Comment Policy : Tulis komentar Anda sesuai topik pembahasan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
×

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel