-->

Penyebab dan Cara Memperbaiki Jack Tuner Antena TV Nyetrum


Penyebab dan Cara Memperbaiki Jack Tuner Antena TV Nyetrum - Kali ini saya kedapatan servisan TV LG jadul, yang nyetrum jika kita sentuh pada body jack tuner tv (jack antena tv) maupun pada jack RCA (jack video audio / AV). Hal ini sangat membahayakan dan sangat mengganggu bila kita mau melepas maupun memasang jack antena maupun jack RCA ke TV Tersebut.

Nyetrum disini bukan hanya setrum kecil yang diakibatkan oleh induksi listrik rangkaian tv, melainkan setrum yang sangat tinggi, hampir sama dengan listrik PLN. Jika kita letakkan Test Pen pada body jack antena tv, maka lampu test pen akan menyala terang.

Penyebab Jack Antena TV dan RCA Nyetrum

Penyebab kerusakan seperti ini pada tv tabung biasanya disebabkan oleh 2 komponen saja, yaitu resistor dan kapasitor.

Pada rangkaian mesin tv tabung, dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian primer (HOT atau Power Supply) dan bagian sekunder (COLD atau rangkaian diluar power supply).

2 bagian tersebut (Primer dan Sekunder) dihubungkan bagian groundnya dengan 1 resistor dan 1 kapasitor mylar (Biasanya hanya dipasang resistor saja, mylar nya tidak dipasang).

Resistor ini biasanya terletak di perbatasan area primer dan sekunder, ukuran resistor tersebut biasanya mega ohm, dan kapasitor (mylar) ini biasanya berada di samping resistor tersebut yang berfungsi sebagai filter resonan saja.

Ground pada bagian primer tv dan sekunder tv sangat berbeda, ground di bagian primer akan sangat kuat listriknya, karena terhubung langsung ke listrik pln, kalau ground di bagian sekunder akan berbeda kekuatannya, karena sudah di filter dengan resistor yang berukuran mega ohm tersebut dan kapasitor mylar.

Jika salah satu komponen tersebut rusak, misalnya resistor melar, maka ground yang ada di area primer akan terhubung langsung ke ground bagian sekunder, hal ini menyebabkan ground area sekunder akan mempunyai kelistrikan yang kuat sama halnya seperti ground area primer. Jika kapasitor mylar short, hal ini juga akan menyebabkan ground rangkaian sekunder akan terhubung langsung ke ground area primer.

Cara Memperbaiki Jack Antena dan RCA TV Nyetrum

Setelah mengetahui penyebab body tv nyetrum, langkah pertama untuk menanganinya adalah coba lihat resistor yang bernilai mega ohm yang menghubungkan antara ground sekunder dan ground primer, karena resistor ini sangat rentan terjadi kerusakan.


Cek apakah resistor tersebut sudah melar, jika sudah melar, atau kalian ragu ragu melar atau tidak, coba ganti resistor tersebut dengan dengan nilai yang sama, atau dengan nilai yang hampir sama.

Lalu coba nyalakan tv kembali dan coba tes body jack antena tv dengan test pen, bila lampu di test pen tidak menyala jadi masalah selesai, namun bila lampu tetap menyala, kita patut mencurigai kapasitor mylar apakah short atau tidak.

Kita cukup mencopot kapasitor mylar tersebut dari rangkaian, lalu coba buzzer mylar tersebut, bila buzzer maka dapat dipastikan kapasitor mylar tersebut short dan harus diganti. Dari pengalaman saya, kita cukup melepas kapasitor mylar tersebut tanpa menggantinya itu sudah menyelesaikan masalah. Karena sebenarnya kapasitor mylar ini tidak begitu berfungsi untuk filter resonan di area ground.

Setelah mengganti atau mencopot kapasitor mylar tersebut, nyalakan tv dan cek lagi body jack antena dengan test pen, dari sini bila lampu test pen tidak menyala, berarti permasalahan selesai, namun bila masih menyala, coba sentuh dengan hati hati jack antena apakah masih nyetrum, mungkin sudah tidak menyetrum atau mungkin setrumnya sudah berkurang tidak seperti diawal, setrum ringan tersebut diakibatkan oleh gaya induksi listrik yang mengalir ke tubuh anda karena anda menginjak tanah, sehingga tubuh anda menjadi grounding listrik.

Untuk mengatasi listrik statis tersebut, coba pakai alas kaki lalu sentuh jack antena tv, maka anda tidak akan merasakan gaya induksi listrik yang melalui tubuh anda.

Itulah tadi sedikit pembahasan saya mengenai Penyebab dan Cara Memperbaiki Jack Tuner Antena TV Nyetrum. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua, dan selamat mencoba, semoga berhasil.

Reaksi:

Related Post

Comment Policy : Tulis komentar Anda sesuai topik pembahasan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
×

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel