-->

TV Gambar Bergaris Horizontal dan Bergerak Naik Kadang Turun


TV Gambar Bergaris Horizontal dan Bergerak Naik Kadang Turun - Kali ini saya kedapatan tv cina, yaitu merk savir 14 inch, yang kerusakannya adalah gambarnya menyala normal, tapi ada garis horizontal yang bergerak naik kadang juga turun.

Biasanya kerusakan seperti ini terjadi pada blok vertikal yang di sebabkan oleh elco yang kering, namun setelah saya cek semua elko yang ada diarea vertikal ternyata masih sangat normal.

Kemudian saya teringat kasus kasus tv sebelumnya dimana kerusakannya hampir sama, yaitu gambar bergetar dan roling keatas atau kebawah, hal tersebut terjadi karena keringnya elko 400V 150uF pada rangkaian power supply tv.

Berkat pengalaman tersebut tanpa fikir panjang saya langsung mencoba untuk mengganti elko 400V 150uF di area power supply dengan 400V 220uF, agar lebih awet.



Setelah mencoba mengganti elko tersebut, akhirnya tv dapat kembali menyala dengan normal.


Kerusakan elco 400V 150uF di power supply ini akan berbeda beda gejalanya pada setiap TV. Berikut gejala yang sering muncul pada tv bila elko 400V 150uF di power supply rusak :
  1. Gambar bergerigi atau bergetar dan tidak jelas (sering terjadi)
  2. Speaker bergemuruh atau bersuara kremesek (ngeses)
  3. Gambar menciut kotak dan tidak jelas (seperti ketutup raster)
  4. Gambar bergelombang tidak stabil
  5. Saat standby B+ Normal, jika di star B+ Drop
Itulah tadi sedikit berbagi pengalaman saya mengenai cara memperbaiki TV Gambar Bergaris Horizontal dan Bergerak Naik Kadang Turun. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Reaksi:

Related Post

Comment Policy : Tulis komentar Anda sesuai topik pembahasan. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
×

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel