Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TV Gambar Bergerigi : Penyebab, dan Cara Memperbaiki

cara memperbaiki tv gambar bergerigi

Kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara Memperbaiki TV Gambar Bergerigi atau tv gambar bergetar dengan mudah dan cepat. Sebelumnya kita akan mengetahui terlebih dahuklu tv gambar bergerigi itu seperti apa, karena devinisi setiap orang tentang gambar bergerigi akan berbeda.

Disini saya akan memberikan gambar tentang macam macam gambar bergerigi, baik pada tv cina gambar bergerigi, tv sharp gambar bergerigi, maupun pada tv lain dengan berbagai macam bentuk atau motif. Disini ada 3 gambar yang menunjukkan terjadinya gerigi pada layar tv.

tv cina gambar bergerigi, tv sharp gambar bergerigi
Keterangan :

Gambar 1, Tv cina gambar bergerigi / Tv wcom gambar bergerigi, namun bergereginya hanya beberapa centi saja, dan kadang kala bergerak  naik turun, ada juga yang menetap, biasanya menetap di bawah, tengah atau atas.

Gambar 2, Tv cina gambar bergerigi keseluruhan, mulai dari atas layar sampai bawah layar

Gambar 3, Tv gambar bergerigi seperti serat kayu, jadi gambar tidak ada distorsi, namun ada lapisan seperti serat kayu yang bergerak gerak.

Nah, dari ketiga contoh kerusakan gambar bergerigi tersebut, penyebabnya bisa berbeda beda, untuk itu saya akan membagi pengalaman saya, tentang area mana saja yang kemungkinan ada komponen yang rusak sehingga mengakibatkan tampilan gambar bergerigi.

Penyebab TV Gambar Bergerigi

Elko 400v Power Supply Kering

Elko 400v pada power supply mempunyai peranan yang vital, karena apabila filter elko tersebut tidak bekerja secara maksimal, tegangan yang dikeluarkan oleh power supply tidak akan normal, sehingga akan mengakibatkan cacat pada beberapa bagian, paling sering yang berdapak adalah pada bagian layar, layar akan bergelombang.

Biasanya untuk kerusakan layar yang disebabkan oleh elko 400v adalah gambar bergerigi dengan disertai gerakan naik atau turun. Ini sama halnya seperti contoh gambar no 1. Gerigi hanya beberapa centi, namun bergerak naik turun. Silahkan coba ganti elko 400v yang ada pada power supply. Saya juga sudah membuat artikel tentang tv bergaris horizontal dan bergerak naik turun, silahkan di baca. Jika tidak berhasil, kemungkinan ada di tempat lain. Kita lajut ke kemungkinan komponen ke dua.

Elko 160v Tegangan B+ Kering

Maing masing tv bisa menggunakan elko yang berbeda untuk tegangan b+, namun kebanyakan memakai 160v, namun ada juga yang memakai 200v. Elko B+ yang kering atau sudah berkurang kapasitansinya memang menimbulkan banyak masalah. Masalah yang paling sering ditimbulkannya adalah gagal start atau tidak mau start (protek). Namun bukan hanya itu saja, ia juga bisa menyebabkan kerusakan pada gambar, seperti gambar menyempit, ataupun gambar bergerigi.

Untuk kerusakan pada b+, biasanya gambar tv akan bergerigi semuanya, full atas sampai bawa. Atau pada contoh kita bisa lihat pada gambar kedua. Bentuk geriginya macam macam, ada yang bergerigi besar, kecil kecil, ataupun acak.

Pada elko 160v ini hukumnya wajib dicek pertama kali sebelum ke elko elko lain, karena elko ini penyuplai utama untuk komponen lainnya seperti flyback, dan lain sebagainya. Nah, saya sudah pernah membuatkan video memperbaiki tv gambarnya bergerigi dan disebabkan oleh elko 160v atau b+nya. Ini video selengkapnya :


Jika belum berhasil, kita akan lanjut ke kemungkinan komponen berikutnya.

Elko 16v 470uf

Nah pada beberapa tv elko 16v ini mempunyai peranan yang sangat vital, ia merupakan pembangkit dari tegangan 12v dan 8v, dan biasanya juga ada untuk 5v juga, untuk power dari ic chroma atau micon. Jika ic saja tidak mendapat tegangan yang stabil, bagaimana tv akan bisa menampilkan gambar yang sempurna, tentu tidak ya.

Pada elko ini memberi supply ke beberapa tempat sekaligus, sehingga kerusakan yang ditumbulkan juga cukup kompleks. Diantaranya yang sering terjadi adalah layar bergaris bayang dengan motif kayu. Meskipun tidak menutup kemungkinan kerusakan terjadi di tempat lain, namun elko 16v ini haruslah dicek, karena ia merupakan sumber filter utamanya, sebelum di bagi bagi ke tempat lain.

Pada tv merk tcl kerusakan pada elko ini juga sering ya, sehingga mengakibatkan tv tcl gambar bergerigi.

Sebelumnya saya juga sudah pernah membuat video memperbaiki tv gambar motif serat kayu ini pada kanal yaoutube milik saya, yaitu kang kimin channel, anda bisa melihat selengkapnya di bawah ini :


Jika dari ketiga komponen tersebut bukan letak kerusakannya, anda patut mencurigai komponen selanjutnya ini.

Flyback Rusak

Kerusakan pada flyback biasanya di tandai dengan adanya kebocoran, baik pada body, selang, maupun kop dan terdapat suara berderik yang keluar dari dalam isi flyback. Jika sudah terjadi hal demikian, anda patut mencurigai flyback sudah rusak dan harus di ganti. Untuk mengetahui ciri flyback rusak dan cara memperbaikinya, anda perlu membaca postingan saya tentang Cara Memperbaiki Flyback TV.

Memang menentukan kerusakan flyback ini agak sulit, karena bisa saja flyback yang tampilan luarnya masih baik namun sudah rusak lilitan di dalamnya. Untuk itu mencoba mengganti flyback juga perlu di lakukan jika ketiga komponen di atas sudah dipastikan dalam kondisi baik.

Kerusakan Lainnyan yang Mungkin Terjadi

Kerusakan area lain yang masih mungkin terjadi diantaranya adalah :
  • Elko 250v pada jalur tegangan 180v untuk video, ini juga perlu dicek, karena bagaimanapun kerusakan gambar bergerigi tersebut adalah gambar. Biasanya juga, kerusakan pada elko ini mengakibatkan gambar bank putih bergaris buku buku, silahkan baca Penyebab Layar TV Blank Putih dan Bergaris Garis.
  • Area Vertikal, ini harus dicek bila mana gerigi disertai oleh garis garis mendatar atau horizontal, karena sering kali kerusakan garis horizontal mirip dengan kerusakan gambar gerigi.
Itulah tadi sedikit tutorial cara memperbaiki tv gambar bergerigi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat untuk membantu anda semua memperbaiki tv kerusakan gambar bergerigi.

Post a Comment for "TV Gambar Bergerigi : Penyebab, dan Cara Memperbaiki"