Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Flyback TV yang Bocor

Cara Memperbaiki Flyback TV yang Bocor

Cara Memperbaiki Flyback TV yang Bocor - Flyback tv menjadi komponen yang vital dalam rangkaian pesawat televisi, flayback transformator memiliki peranan penting untuk membangkitkan tegangan tegangan penting, seperti penyuplai ic, tegangan video, dan tegangan lainnya yang berkaitan dengan tampilan televisi.

Jika fbt atau flyback rusak, sangat kecil kemungkinan diperbaiki, bahkan sudah tidak bisa. Namun bila flyback ini sekedar bocor, kita bisa memperbaiki flyback tersebut agar tidak bocor lagi. Tentu banyak penyebab flyback bocor terus ini. Disini kita akan membahas cara bagaimana agar flyback yang bocor dapat normal kembali.

Sebenarnya lebih baik kalau flyback yang sudah bocor langsung di ganti dengan yang baru, namun harga flyback juga tidak murah, terkadang flyback tersebut susah di cari, sehingga harus cari dulu persamaan flyback tersebut. Belum lagi kalau flyback tersebut dari tv yang sudah jadul, mungkin kita harus modif flyback lain agar dapat di pasang di tv tersebut.

Kalau ada yang lebih simpel dan murah kenapa tidak ? toh kalau kita beli baru belum tentu kualitasnya sama dengan yang ori nya, karena kebanyak yang beredar di pasaran adalah flyback yang kw, sehingga tidak dapat dipastikan kualitasnya baik atau tidak. Untuk itu langsung saja ke tutorialnya bagaimana cara memperbaiki fbt atau flyback yang bocor dengan menambalnya. Ini juga berkaitan dengan suara berdesis pada tabung tv.

Cara Memperbaiki Flyback TV yang Bocor

Nah, yang perlu di ketahui saat ingin memperbaiki flyback bocor adalah letak kebocorannya dimana, karena letak kebocoran yang ada di kop dan body flyback berbeda cara penanganannya.

Letak Bocor di Kop Flyback

Cara Memperbaiki Kop Flyback TV yang Bocor

Jika kop flyback bocor atau karet flyback bocor, ada 3 cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya :

1. Semprot Dengan Pilok

Kop Flyback Bocor

Sebelumnya terlebih dahulu lepaskan kop flyback dari body crt. Anda dapat membaca cara aman melepas kop flyback dari tabung CRT. Setelah kop terlepas, siapkan pilok warna apa saja, sebelum itu tutup bagian lubang untuk kop flyback dengan selotip, agar nanti saat di semprot dengan pilok, cairan tidak masuk ke lubang tersebut. Setelah itu bersihkan juga dari debu yang menempel menggunakan kain pembersih.

Setelah itu semprotkan pilok dengan hati hati ke bagian sekitar kop, hal ini bertujuan untuk membuat lapisan baru di sekitar lubang kop, agar lebih halus dan licin, sehingga kop dapat menempel dengan erat dan tidak terjadi kebocoran di sekitar kop flyback

2. Beri Grease CVT

grease cvt untuk menambal kop flyback yang bocor

Langkah lain jika ada kebocoran di kop flyback adalah dengan cara memberikan grease cvt, sejenis stempet atau gemuk. Silahkan lumasi bagian dalam kop hingga keluar kop dengan grease cvt, agar pori pori sekitar kop tertutup dan kop dapat mencengkeram tabung dengan lebih kuat, sehingga listrik tidak akan keluar dari dalam kop.

3. Ganti Kop Fyback

kop flyback

Jika menyemprot dan memberikan grease cvt pada kop flyback tidak membuahkan hasil, cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti kop flyback tersebut. Bila anda belum paham bagaimana cara melakukannya, anda dapat melihat postingan saya berjudul cara mengganti kop flyback tv.

Berikut ini ada tambahan tips untuk menambal bagian belakan kop flyback yang bocor :

Letak Bocor di Kabel / Leher

Jika kabel flyback bocor, ada 3 cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya :

1. Tambal Dengan Selotip

selang flyback bocor

Cara yang pertama adalah dengan cara tambal flyback bocor, caranya tinggal bagian yang berlubang atau bocor lapisi dengan selotip warna hitam. Namun dalam prakteknya kita akan kesusahan, karena penggulungan di area yang bocor harus dilakukan berkali kali hingga lapisan selotip tebal. Selain itu permukaan yang kita selotip haruslah lebar, agar tidak bocor lagi dari pinggir pinggir selotipnya

Biasanya untuk memperkuat, sebelum di selotip kita tambahkan beberapa cm selang flyback yang sudah dikelupas yang kita dapatkan dari sisa selang flyback yang sudah tidak di pakai, dan setelah itu ditaruh diarea yang bocor baru di selotip melingkar.

2. Tambal Sulam Dengan Kabel Pembungkus / Selang

kabel flyback bocor

Anda dapat menggunakan selongsong kabel bakar, namun kalau dengan selongsong kabel bakar, ada kalanya harus dilapisi lagi dengan selotip agar lebih kuat. Bisa juga dengan menggunakan selang yang mempunyai ukuran diameter dalam sama dengan selang di flybackflyback. Untuk pemasangannya tinggal masukkan saja selang tersebut ke selang di flyback.

3. Tambal Dengan Lem Besi

menambal flyback bocor

Kalau dengan lem besi ini memang agak sedikit ribet, karena selang yang lentur jika diberikan lem besi nanti akan mengeras. Nah, untuk itu ketika melakukan pengeleman selang tidak banyak bergerak agar lem menempel dengan rata dan kuat. Cara mengelemnya anda tinggal mengoleskan area yang bocor dengan lem secara merata, dan tunggu hingga 2 jam untuk hasil yang maksimal.

Letak Bocor di Body

body flyback bocor

Jika kebocoran terletak di body flyback, sementara ini ada satu cara yang cukup efektif, yaitu dengan cara menambal menggunakan lem besi. Lem besi teruji cukup kuat untuk menahan kebocoran dan panas yang dihasilkan flyback.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah, yaitu dengan cara mengoleskan lem besi pada area body flyback yang bocor. Oleskan lem yang cukup tebal di area kebocoran agar nanti cukup kuat menahan kebocorannya tersebut. Jika sudah, tunggu selama 4 jam untuk mendapatkan hasil pengerasan lem yang maksimal

Anda dapat melihat video cara menambal body flyback yang bocor di bawah ini :

Itulah tadi beberapa cara untuk menambal flyback yang bocor menggunakan beberapa cara yang sudah teruji dan saya pakai selama bertahun tahun. Semoga penjelasan singkat diatas dapat membuat anda paham. Sekian dan terima kasih

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Flyback TV yang Bocor"