Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Kop Flyback TV Dengan Mudah

Cara Mengganti Kop Flyback TV Dengan Mudah

Cara Mengganti Kop Flyback TV Dengan Mudah - Kali ini saya akan berbagi pengalaman cara mengganti kop flyback tv. Pada dasarnya kop flyback ini sering mengalami kerusakan, sehingga membuat semburan listrik dari flyback keluar kemana mana. Ini tentu sangan berbahaya dan menimbulkan bunyi yang berisik.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah seperti, anda dapat melihat postingan saya berjudul cara memperbaiki flyback yang bocor. Mengganti kop flyback dengan yang baru adalah langkah terakhir, jika langkah langkah yang lain tidak mempan untuk mengatasi masalah kop flyback yang bocor.

Untuk itu disini saya akan menerangkan beberapa langkah sederhana untuk mengganti kop flyback yang rusak dengan kop flyback yang baru. Berikut langkah langkah nya :

Cara Mengganti Kop Flyback TV

Sebelum ke cara mengganti, anda perlu paham terlebih dahulu bagaimana cara melepas kop flyback dengan aman. Setelah kop flyback tv terlepas anda dapat melakukan penggantian kop flyback.

1. Siapkan Kop Pengganti

Cara Mengganti Kop Flyback TV

Kop pengganti anda bisa dapatkan di bekas tv yang kop nya kondisinya masih baik, atau bisa juga membeli di tempat jual sparepart elektronik. Harganya tidak terlalu mahal kok.

2. Lepaskan Kop yang Rusak

Nah, perlu anda pahami bahwa kop itu tidak menempel pada selongsong dan tembaga selang flyback, jadi ia hanya sebagai pelindung. Gampangnya selang flyback hanya masuk pada kop flyback, tentu melepaskannya sangat mudah. Anda tinggal menarik selang hingga kop terpisah dengan selang.

Cara Mengganti Kop Flyback

Namun sebelum itu anda harus melepas dahulu kawat atau tembaga yang ada di dalam kop dengan solder, karena jika tidak anda tidak akan dapat menariknya, karena terhalang oleh tembaga tersebut. Jika tembaga sudah lepas, anda tinggal menarik selang tersebut hingga terpisah dengan kop. Jangan lupa simpan tembaga tersebut untuk nanti kita gunakan lagi.

3. Memasang Kop yang Baru

Caranya anda tinggal mengulangi langkah sebelumnya, masukkan selangnya terlebih dahulu ke kop flyback yang baru. Setelah itu solder tembaga yang kita simpan tadi dengan posisi sama seperti sebelumnya. Dan penggantian kop flyback tv sudah selesai.

Bagaimana ? caranya cukup mudahkan, semoga sedikit tutorial ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Post a Comment for "Cara Mengganti Kop Flyback TV Dengan Mudah"